Tips Oli Mobil Sesuai Mesin Mobil
Pada mesin kendaraan atau mobil, pelumas merupakan komponen
penting. Namun dalam memilih cairan yang berfungsi melumasi kendaraan sehingga
mempermudah gesekan logam didalam mesin ini haruslah sesuai dengan karakter
mesin mobil yang Anda miliki.
Agar tidak salah memilih jenis pelumas, ada beberapa tips
yang harus dipahami agar penggunaan oli cocok dengan karakter mesin mobil yang
anda miliki.
Berikut tipsnya :
Yang harus dipahami pertama kali adalah spesifikasi mesin
kendaraan. Dibuku manual pasti diesebutkan teknologi mesin dan jenis oli yang
cocok. Merek apapun, pada dasarnya sama asal spesifikasi bisa diterima oleh
mesin mobil.
Perhatikan tingkat kekentalan. Mobil - mobil masa kini,
terutama yang sudah ada embel - embel VVT, VVTi dan sejenisnya. Minimum
menggunakan oli dengan kekentalan 10/40 atau 5/30. MEsin mesin seperti itu
tidak cocok jika dipasanhkan dengan oli berkekentalan 20/50 atau lebih kental.
Perhatikan juga kode lain seperti API. API SM khusus untuk
mobil-mobil berteknologi baru dirancang untuk memberikan kontrol endapan
temperatur tinggi yang lebih baik. Untuk generasi sebelumnya, misalnya mobil
keluaran 2004 ke bawah, dianjurkan pakai kode SL. LAlu ada kode SJ untuk 2001
kebawah.
Huruf " W " yang terdapat di belaknag angka wal,
adalah singkatan dari " Winter ". Misalnya SAE 15W-50 berarti oli
tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu dingin dan SAE
50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan
perlindungan optimal saat mesin satart pada kondisi ekstrim sekalipun.
Oli Syntetic biasanya disarankan untuk mesin - mesin
berteknologi terbaru ( turbo, supercharger, DOHC, dan lainnya ), membutuhkan
pelumasan lebih baik, dimana celah anatar logam lebih sempit atau presisi.
Hanya Oli Sysntetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna.
Boleh gonta - ganti merek oli, asalkan kode kekentalan sama.
Sebaiknya tidak melakukan to up ( menambah volume ) karena terdapat sisa
pembakaran di ruang bakar yang harus dibuang pada oli lama.
Torque Boost Resonator
( Teknologi Terdepan Dunia Otomotif )
Prinsip menabung juga berlaku pada sistem suplai udara pada kendaraan anda. Bukan uantuk masa depan kendaraan, melainkan guna menyelamatkan udara sesuai kebutuhan mobil setiap saat, saat berakselerasi spontan dari kendaraan normal mobil-mobil normaly aspirated terkadang tidak memiliki kuantitas yang cukup.
Pernahkah anda merasa saat berakselerasi spontan, mesin tidak langsung merespondengan cepat? Salah satu penyebabnya berasal dari kurangnya asupan udara segar yang dibutuhkan mesin. Hal ini disebabkan Intake Manifold yang tidak mampu mengirim udara kedalam ruang bakar seketika.
Untuk itulah dibutuhkan kotak - kotak penampungan udara. Salah satunya adalah Rumah Filter Udara. Tak heran bila produsen kadang membuat Rumah Filter Udara yang memiliki dimensi yang cukup besar. Hal ini berfungsi untuk menyediakan udara bersih dalam jumlah yang cukup banyak saat dibutuhkan sewaktu - waktu oleh mesin. Selain itu produsen kendaraan bermotor kerap menambahkan tabung - tabung udara kecil yang terpasang seperti jamur.
Torque Boost
Resonator
Honda Mengembangkan Resonator Udara ini ke level yang lebih tinggi lagi. inovasi tersebut mereka namakan Torque Boost Resonator. Dengan prinsip yang sama Honda menanamkan sebuah resonator tepat diantara Intake Plenum dengan mesin, hal ini dilakukan untuk mempersingkat jarak antara ruang cadangan udara dengan mesin. Namun bedanya, Torque Boost Resonator ini memiliki fungsi untuk mengubah udara yang tersedot oleh Air Intake menjadi udara bertekanan tinggi.
Hal tersebut mampu menghasilkan tekanan dan turbulence pada
langkah kompresi untuk memberikan torsi dan tenaga yang lebih maksimal.
Hasilnya akselerasi mendadak bisa dilakukan dengan spontan tanpa adanya
keterlambatansuplai udara segar ke mesin.
Tips Memilih Leasing Mobil
Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan cara Kredit,
memilih Leasing yang bagus adalah sebuah langkah yang penting . Pemilihan Leasing
yang tepat akan menentukan kesuksesan preses kredit yang anda ajukan.
Memilih Leasing Mobil sebenarnya susah - susah gampang, tapi kalau anda tahu tips nya tentu lebih mudah. Saat ini banyak Fasilitas Kredit yang ditawarkan oleh berbagai bank dan perusahaan Multi Finance dengan berbagai kelebihan, dari bunga yang kecil, proses kredit yang cepat dan cicilan fleksibel.
Jika Anda tidak cermat dalam memilih Leasing, hal ini dapat berakibat fatal pada nasib mobil Anda nanti. Misalnya, tiba - tiba perusahaan tutup sementara BPKB mobil Anda belum keluar.
Untuk mengatasi hal -
hal seperti ini, beberapa tips berikut bisa membantu :
Pilih perusahaan pembiayaan yang sudah memiliki reputasi dan kredibilitas bagus. Bisa dilihat dari eksistensi perusahaan tersebut sudah bediri berapa lama, backgroud yang jelas ; berdiri sendiri atau di back-up group besar, serta perhatikan seberapa banyak cabangnya. Disarankan pilih perusahaan yag di back-up group besar, karena biasanya sering dipakai dan dipercaya banyak orang serta memiliki banyak kantor cabang.
Pilihlah perusahaan yang memiliki fleksibelitas dan kemudahan dalam pembayaran angsuran, misal melalui bank/ATM atau kantor pos.
Pelayanan yang cepat dalam pengurusan juga turut menentukan.
Cari uang muka ( DP ) yang terjangkau dan sesuai budget. Namun jangan asal milih DP rendah, tapi suku bunganya tinggi.
Jangan terpaku pada satu leasing. Cari leasing lain sebagai pembanding.
Pertimbangan kemampuan anda membayar cicilan. Tapi harus diingat besarnya cicilan ideal adalah 30% dari penghasilan.
Cari leasing yang menawarkan bunga yang rendah. Namun jangan terkecoh, lihat angsurannya berapa dan tenornya berapa lama.
Cobalah melakukan negoisasi ulang mengenai bunga yang
ditetapkan pihak leasing. Umumnya, perusahaan pembiayaan bisa dilakukan tawar
menawar bunga untuk satu tahun, dua tahun atau tiga tahun.
Maksimum jangka waktu ideal untuk mencicil sebuah mobil berbeda - beda. Umumnya untuk kondisi mobil baru konsumen lebih memilih jangka waktu kredit 2 sd 3 tahun. Untuk jangka waktu kredit mobil bekas disarankan agar usia mobil tidak melebihi 8 tahun, dan jangka waktu kredit yang dianjurkan berkisar 2 sd 3 tahun saja.
Cari Referensi saudara atau teman terdekat atau bisa juga referensi dari media tertentu yang membuat ranking perusahaan pembiayaan.
Tips dan Trik Agar Transmisi Mobil Tahan Lama
Transmisi mobil merupakan salah satu poin penting di
kendaraan. Namun sering kali pemilik menyepelekan yang satu ini. Yuk mari kita
merawat transmisi. Caranya bagaimana?
Penggantian oli transmisi harus dilakukan secara rutin
sesuai buku service. Jika tidak dilakukan dengan rutin, tarikan mesin akan
terasa berat dan dapat merusak komponen transmisi. Selain itu, penggantian oli
transmisi menggunakan oli standar menjadi komponen tersendiri.
Penggantian oli sebaiknya menggunakan oli sesuai dengan
spesifikasi yang disarankan di buku petunjuk untuk menjamin keawetan transmisi.
Beberapa hal lain yang perlu diperhatkan terkait dengan transmisi meliputi
pemeriksaan level secara berkala, pengecekan kebocoran, penggantian oli ( pada
transmisi otomatis ).
Pemeriksaan level oli secara berkala ketika akan digunakan
beraktivitas berguna untuk mengecek level standar oli. Kekurangan oli dapat
menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi. Pada transmisi manual dan
otomatis, pengecekan kebocoran oli berguna untuk mengetahui kondisi kendaraan.
Kebocoran oli dapat menyebabkan berkurangnya atau habisnya
level Oli yang menjadikan transmisi rusak. Para pengguna mobil tentunya sudah
terbiasa dengan penggunaan transmisi manual. Akan tetapi, ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas komponen.
Salah satunya adalah jangan membiasakan memasukkan gigi pada
saat parkir. Hal tersebut merupakan tindakan tidak safety dan dapat merusak
komponen transmisi.
Selain itu, pada transmisi manual jangan membiasakan
mendorong mobil pada saat aki soak, tetapi gunakan kabel jumper untuk
menghidupkannya. Alasannya, kebiasaan menghidupkan mesin dengan didorong dapat
merusak komponen transmisi manual.
Sedangkan untuk
transmisi otomatis, berikut ini beberapa tips dan trik penggunaannya:
Pada transmisi otomatis, posisi 1 atau L untuk tanjakan dan
turunan curam.
Pada transmisi otomatis, posisi 2 untuk tanjakan dan turunan
tidak begitu curam.
Pada transmisi otomatis, posisi 3 dan D sama, tetapi Over
Drive berfungsi pada D.
Over Drive O/D, digunakan dalam kecepatan tinggi dalam waktu
lama, berfungsi untuk menurunkan putaran mesin sehingga dapat menurunkan
konsumsi bahan bakar.
Posisi P (Parking), digunakan pada saat kendaraan parkir,
berfungsi untuk safety.
Pada saat lampu merah, posisi D digeser ke N untuk safety
dan merawat transmisi otomatis.
Untuk kendaraan transmisi otomatis apabila mogok di jalan,
direkomendasikan untuk menggunakan car carrier (digendong), untuk mencegah
rusaknya transmisi otomatis.
Tips dan Trik Bikin Lampu Mobil Kinclong
Sudah bukan rahasia lagi saat berkendara di kala hujan
membutuhkan mata yang lebih tajam. Begitu juga dengan sorot lampu, karena
tugasnya membantu mata sorotnya juga harus lebih tajam.
Apalgi saat hujan di malam hari. Tapi bila kendaraannya sudah berumur bisa jadi lampu tak terang lagi. Kalu sudah begitu, sejumlah orang lantas memutuskan membersihkan kacanya, rumah lampu, dan sedikit perbaikan. Asal telaten mengerjakannya, sebenarnya perbaikan ini tidak makan biaya. Sediakan saja : seember air, baking soda, lap berbahn halus,obeng, dan jika perlu stiker chrome, atau mungkin cat chrome.
Tahap pertama adalah membongkar lampu sehingga kita dapat menjangkau sisi bagian dalam kaca lampu dan lapisan refector ( lapisan yang mengkilat yang menyebarkan cahaya dari bohlam, terletak disekitar bohlam ). Kaca lampu yang kotor bisa di bersihkan dengan air terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan menggosoknya menggunakan baking soda.
Beralih ke jeroan dalam lampu, lihat apakah sisi bagian dalam kaca lampu sudah bersih. Jika belum, maka lakukan seperti proses pembersihan dengan baking soda pada bagian depan lampu. Untuk meremajakan reflektor dengan biaya murah, kita sebenarnya bisa menutupi bagian-bagian yang sudah kusam menggunakan sticker berwarna chrome secukupnya. Kalu mau lebih rapih tetapi lebih mahal, mintalah bengkel cat untuk mengecat bagian - bagian kusam tadi dengan cairan berwarna chrome.
Dengan begini, pantulan cahaya dari bohlam akan maksimal. Selanjutnya, pasang kembali bagian - bagian lampu. Cara - cara di atas mudah - mudahan bisa membuat lampu terang seperti masa remajanya, tanpa Anda harus repot dan keluar uang banyak untuk menggantinya dengan bohlam LED. Satu tips tambahan, hati - hatilah dalam membongkar rumah lampu supaya penyangga - penyangganya tidak patah dan malah makan biaya.
5 Panduan Membeli Stereo System Mobil
Stereo System saat ini sudah menjadi elemen penting yang
harus hadir pada sebuah interior mobil. Selain berfungsi sebagai alat hiburan
untuk kita mendengarkan musik, stereo system juga menjadi salah satu faktor
penunjang penampilan pada interior mobil agar terlihat lebih keren.
Nah, jika anda sedang mencari stereo system untuk mobil Anda, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Stereo system mobil memiliki banyak fitur yang berbeda mulai dari kualitas suara hingga ke format audio yang mendukung. Mari kita mulai membahas fitur stereo system apa saja yang perlu dipertimbangkan.
Format Audio, hal pertama yang penting saat memilih stereo mobil adalah format audio apa saja yang di dukung. Stereo system paling sederhana umumnya hanya dilengkapi CD Player. Anda harus mengopi file MP3 ke dalam CD agar dapat mendengar musik. Banyak stereo system mobil baru yang dilengkapi dok untuk memutar lagu dari iPhone atau iPod.
Fitur Pengaturan Suara, hal berikutnya Anda pertimbangkan adalah mengenai fitur pengaturan suara. Dapatkah bass dan treble diatur dan dioptimasi dengan tetap menghasilkan kualitas suara yang tetap prima? . Sebagian stereo system memungkinkan Anda mengatur kualitas suara yang sudah di set untuk memutar musik rock, klasik, pop, dan banyak lagi.
Ketiga… Anda juga harus memperhatikan perihal speaker. Jika ingin suara surround, Anda harus membeli speaker belakang, speaker pintu, dan speaker tambahan lainnya. Jika Anda sudah memiliki speaker bawaan pabrik, Anda mungkin ingin melakukan upgrade ke speaker yang lebih berkualitas.
Keempat…Agar suara lebih yahud Anda bisa memasang pula Subwoofer. Subwoofer diperlukan untuk mendapatkan suara bass yang mantap. sebuah subwoofer yang bagus akan membuat musik terdengar lebih penuh. Bass sangat penting jika Anda ingin mendengarkan musik seperti hip hop dan rock.
Tweeter, terakhir jangan lupa membeli tweeter. Tweeter berfungsi untuk memainkan suara frekuensi tinggi dalam stereo system mobil. Stereo system mobil yang lengkap biasanya terdiri dari sebuah subwoofer untuk suara frekuaensi rendah dan sebuah tweeter untuk suara frekuensi tinggi. Anda perlu memastikan keduanya terpasang dengan benar untuk mendapatkan suara yang maksimal.
Kaca Bersih, Berkendara Nyaman
Air hujan, debu dan zat kimia dai gas buang kendaraan
bermotor yang menempel di kaca mobil mungkin tak menjadi soal selagi Anda masih
dapat melihat jalanan dengan baik. Namun, jika didiamkan, kondisi ini bisa
menjadi bumerang.
Pasalnya, kotoran tersebut lama - kelamaan akan mengkristal dan membuat kaca menjadi buram.
Masalah akan makin terasa ketika berkendara pada malam hari.
Butiran kotoran di jendela terasa kian
mengganggu sat terkena cahaya lampu mobil ari arah berlawanan.
Mengandalkan wiper dan air bukanlah solusi akhir untuk membersihkan kaca. Perawatan yang tepat dibutuhkan agar kaca tetap terjaga dengan baik. Yang utama adalah tidak membersihkan kaca di bawah sinar matahari langsung. Titik air aau zat pembersih yang terkena sinar matahari langsung justru dapat merusak keindahan kaca.
Jika tak ada garasi untuk berlindung, siasati dengan membersihkan kaca pada pagi hari, sebelum pukul 8.00, atau sore hari, setelah pukul 16.00-17.00, ketika matahari tidak terlampau terik.
Sebelum mengelapnya dengan cairan pembersih, siramlah kaca
terlebih dahulu dengan air untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang kotor.
Dukhawatirkan, apabila langsung dilap kotoran tersebut dapat menggores kaca
saat di gosok.
Lap yang digunakan untuk menggosok pu tidak boleh sembarang. Sebaiknya gunakan kain yang lembut atau khusus untuk kaca. Tuang atau semprot cairanpembersih pada kain lap terlebih dahulu, baru digosokkan pada permuakaan kaca. Selanjutnya gosokkan kaca perlahan dengan gerakan memutar lalu disusap dengan kain yang baru hingga benar - benar kering.
Dewasa ini ada banyak produk cairan pembersih kaca mobil yang bisa di temui. Akan tetapi, tidak semua cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya dan memperhatikan petunjuk penggunaan dengan seksama. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah memeiksa kondisi karet wiper. Karet wiper yang getas, selain tak mampu membersihkan kaca dengan maksimal, juga dapat menggores permukaan kaca sehingga kian membuat kaca buram. Isi pula selalu tabung wiper dengan cairan khusus untuk membersihkan kaca agar kebersihannya tetap terjaga.
Tips Parkir Mobil di Lahan Sempit
Berkendara di Indonesia kerap kali menuntut pengendaranya
memiliki keterampilan tersendiri. Selain keandalam mengemudi lalu lintas yang
padat, juga saat harus memarkir kendaraannya yang kerap kali berhadapan dengan
lahan yang sempit.
Kondisi ini bisa dengan mudah ditemui di berbagai tempat dan mau tak mau harus di hadapi.
Baik di area parkir di perkantoran, pusat perbelanjaan,
kampus,tepi jalan raya, hingga di garasi rumah karena lahan rumah yang
kebetulan terbatas. Jarak antara bodi mobil dengan sisa lahan parkir sangat
tipis sehingga salah perhitungan sedikit saja bisa " menorehkan jejak "
pada bodi mobil.
Sulit menghindari kondisi tersebut sehingga lebih baik mencari cara mensiasati agar mobil tetap terlindungi dari lecet yang tidak perlu. Salah satunya dengan menambahkan side body protector pada sisi pintu sehingga pintu tidak lecet ketika menyenggol tembok atau mobil yang di parkir berdekatan secara tidak sengaja.
Biasakan pula untuk selalu melipat kaca spion jika sudah
memarkirkan kendaraan dengan aman, agar spion Anda tidak mudah tersenggol
sehingga lecet atau bahkan patah.
Sementara itu, untuk mensiasati sempitnya lahan parkir di rumah, tidak ada salahnya memasang kaca cembung di salah satu sudut garasi. Kaca cembung tersebut akan memudahkan pengemudi memerkirkan kendaraanya, terutama karena meminimalkan blank spot. Beberapa sudut tembok juga dapat ditutup dengan karet, yang bisa dijumpai di toko - toko ritel otomotif modern.
Bahkan beberapa orang mensiasatinya dengan ban bekas.
Pasanglah dengan rapi agar estetika garasi tidak terganggu. Maklum, kadang kita
tidak memerhatikan salah satu sudut tembok saat mengeluarkan atau memasukkan
mobil sehingga menggores bodi mobil.
Berkendara memang kerap kali membutuhkan trik tersendiri demi keamanan dan kenyamanan pribadi. Selagi itu tidak menggangu kenyamanan pengendara lain, tak ada salahnya mempertimbangkan beberapa langkah yang bisa di terapkan.
Rawat Kaca Film Agar Mobil Makin Adem
Banyak yang menganggap kaca film perlu perawatan khusus,
cukup memoles bodi dan mengelap ringan kaca film agar mobil tetap tampil
kinclong. Padahal jika kita rajin membersihkan kotoran yang menempel, lapisan
penahan panas itu akan bersusia lebih panjang.
Selain itu dengan merawat kaca film secara baik, kaca film dapat menahan dan menolak sinar matahari masuk kedalam kabin kendaraan. Agar kondisi kaca film tetap baik, simak saja poin - poin berikut ini sebagai informasi perawatan kaca film :
Saat mencuci mobil atau membersihkan bagian kaca yang
dilapisi kaca film, usahakan jangan menggunakan sabun. Seperti kita ketahui,
sabun mengandung bahan - bahan kimia. Bahan ini dikhawatirkan merusak lapisan
kaca film. Namun cukup dengan shampo bayi plus air hangat.
Kerusakan fisik kaca film bisa berupa robek atau bolong.
Salah satu penyebabnya adalah debu - debu kasar yang menempel di karet - karet
jendela pintu mobil. Goresan atau " luka " pada kaca film bisa timbul
jika jendela kaca bergerak turun maupun naik saat ada debu - debu kasar di
karet - karet itu. Karena itu, bersihkanlah karet - karet tersebut agar debu - debunya
hilang.
Cara membersihkan, turunkan kaca lalu seka karet - karet
tadi dengan kuas atau sikat gigi.
Kemungkinan lain kaca film luka adalah tertusuk barang - barang
pada saat kita memasukan maupun mengeluarkan barang. Jadi, berhati - hatilah
agara saat melakukan kegiatan tersebut kaca film tidak menjadi korban.
Usahakan selalu menutup rapat jendela - jendela mobil saat
berkendara. Hal ini perlu kita lakukan agar tidak banyak debu atau kotoran dari
luar yang menempel.
Jangan terlalu lama memarkir kendaraan di tempat terbuka
dengan kondisi cuaca yang panas.
Bagaimanapun, suhu panas yang terbawa dari sinar matahari
dapat mempengaruhi kondisi benda yang terkena panas, termasuk kaca film. Pada
umumnya, hampir semua produsen kaca film menggunakan bahan clear polyester.
Bahan ini mempunyai sifat ringan, kuat, lentur dengan tingkat fleksibelitas
yang tinggi. Panas matahari dapat membuat kaca film rusak karena pemuaian.
4 Tips Agar Aki Mobil Lebih Tahan Lama
Aki mobil harus selalu dipastikan berada dalam kondisi
prima. Sebagai satu - satunya pemasok energi lstrik, aki mobil penting untuk
menjamin mobil anda memiliki kerja optimal. Statistik menunjukkan bahwa
rat-rata aki mobil bisa bertahan selama 3 sampai 5 tahun.
Berikut adalah
beberapa tips untuk memperpanjang umur aki mobil Anda :
Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum
Anda mematikan mesin. Pastikan lampu depan, lampu parkir, lampu interior,
radio, wiper mobil, alarm mobil, gps atau perangkat navigasi, pemutar musik,
dan perangkat video telah dimatikan. Berbagai peralatan yang dibiarkan hidup
tidak hanya akan mengurs daya aki mobil tetapi juga beresiko merusak sistem
listrik mobil.
Pastikan aki mobil sudah terisi penuh ( sudah discharge )
jika Anda tidak menyalakan mobil selama satu atau dua minggu. Jangan biarkan
aki mobil kering ( tidak terdapat daya listrik ).
Memanaskan mobil secara teratur meskipun Anda tidak
menggunakannya baik untuk menjaga agar aki tetap terisi.
Hindari Korosi, Korosi atau karat pada terminal aki dapat
memperpendek umur aki. Jika tidak sempat membersihkan sendiri, pastikan montir
di bengkel kepercayaan Anda memeriksa dan membersihkan terminal aki secara
teratur.
Periksa adanya kabel yang longgar serta periksa pula dudukan
aki. Dudukan aki yang berkarat dianjurkan untuk diganti. Dudukan yang rusak
atau berkarat berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga akan bergetar
atau berpindah posisi yang pada gilirannya memperpendek umur aki. Drive belt
pada mobil juga perlu diperiksa secara berkala. Belt yang rusak akan membuat
proses charging aki tidak sempurna.
Waspada, Jika Lampu Peringatan Rem Menyala
Jika lampu peringatan rem menyala, bisa jadi anda hanya lupa
untuk melepaskan rem parkir ( darurat ). Namun jika batang rem sudah diturunkan
tapi lampu masih tetap menyala, mungkin ada yang salah dengan mobil anda.
Lampu peringatan rem terus menyala bisa menandakan bahwa
tekanan hidrolik rem telah hilang atau terjadi kebocoran dalam sistem rem.
Segera periksa level minya rem mobil Anda.
Menambah minyak rem dapat mengatasi masalah. Tapi jika ada
kebocoran, minyak yang baru ditambahkan akan segera hilang dan lampu peringatan
akan kembali menyala. Kebocoaran minyak dapat menyebabkan kegagalan rem. Jadi
jangan gunakan mobil sampai masalah terdeteksi dan diperbaiki.
Kebocoran dapat terjadi dalam selang rem, caliper disc brake, drum brake wheel cylinders atau pada master cylinder itu sendiri. Bintik basah pada sambungan selang akan menjadi petunjuk mengenai kebocoran yang perlu diperbaiki. Kebocoran minyak rem juga dapat mengontaminasi sistem rem secara keseluruhan. Seperti rem yang telah terkontaminasi tidak kering dan harus diganti.
Lampu peringan rem ABS, Pada kendaraan yang dilengkapi dengan rem ABS, terdapat lampu peringatan kedua untuk memperingatkan jika terjadi masalah pada sistem ABS. Lampu ABS akan menyala pada saat mesin dihidupkan untuk pengecekan. Sesaat setelah mesin dinyalakan lampu peringatan akan padam.
Jika lampu peringatan ABS tetap menyala, berarti ada yang tidak beres dengan sistem ABS mobil Anda. Apa yang terjadi berikutnya tergantung pada mekanisme mobil. Pada sebagian besar kasus, sistem ABS akan otomatis non aktif jika lampu peringatan tetap menyala. Ini tidak akan berpengaruh pada sistem pengereman, hanya saja pada saat darurat, ABS tidak akan berfungsi.
Perhatian : Jika lampu peringatan rem juga menyala bersamaan dengan lampu peringatan ABS, maka jangan mengemudikan mobil karena telah terjadi masalah pada sistem pengereman mobil Anda. Menganalisa penyebab lampu peringatan ABS yang menyala membutuhkan keahlian tersendiri. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel yang Anda percaya.
Manfaat dan Cara Memanaskan Mobil
Sebelum kita melakukan kegiatan olah raga, kita dianjurkan
untuk melakukan pemanasan dan stretching agar terhindara dari cidera. Analogi
yang sama juga terjadi pada mesin mobil kita. Untuk menghindari terjadinya
cidera pada mesin mobil kita, pemanasan mobil sebelum kita menjalankan
kendaraan apabila mobil di parkir lebih dari 2 jam atau mesin dengan keadaan
dingin adalah mutlak.
Berikut tips dan trik
mengenal 3 manfaat dan cara memanaskan mesin :
1. Mencegah
Keausan, bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak lama, biasanya oli
berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada akhirnya membantu mencegah
keausan mesin, sebab dengan pemanasan Anda memberi kesempatan pada oli untuk
bergerak dari panci oli dan masuk kembali ke bagian mesin yang perlu dilumasi.
2. Mengurangi
Kebocoran Kompresi, ada bagian-bagian komponen mesin ang berada pada temparatur
tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang tidak dibuat presisi. Para
disainer sengaja menciptakan celah, dan celah ini secara otomatis akan
berkurang ( menjadi presisi ) ketika komponen-komponen tersebut terkena suhu
tinggi ( memuai ). Ini yang kemudian mengurangi kebocoran kompresi terjadi,
maka tekanan pada mesin akan menurun. Akibatnya, temperatur mesin tidak mampu
membakar campuran bahan bakar dan udara dengan sempurna. Efeknya tenaga
dihasilkan tidak optimal.
3. Membuat
Proses Pembakaran Sempurna, Pembakaran yang tidak sempurna bukan hanya
mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat mesin lebih boros
bahan bakar. Hal ini karena kondisi mesin masih dingin, sehingga suplai bahan
bakar harus lebih besar agar tetap terjadi pembakaran yang sempurna.
Cara memanaskan mesin cukup 5 menit saja, mobil sekarang kan sudah ada indikator suhu mesin, jadi mobil yang dipanaskan selama 5 menit sudah mencapai suhu kerja yang baik lalu indikator temperatur yang ada didasbor bekerja menujukkan posisi jarum atau 1/3.
Memanaskan mobil tidak usah injak gas, apabila mobil Anda harus menginjak pedal gas ketika menyalakan, injak - injak pedal gas sebelum distarter ( terutama mobil dengan karburator sedangkan untuk mobil sudah injection langsung starter dan tidak perlu injak gas ), kemudian starter mobil Anda tanpa menginjak pedal gas, biarkan saja mesin menyala dengan langsam, tidak usah injak-injak pedal gas, karena akan merusak mesin apabila kalau mesin belum sampai pada suhu kerjanya.
Matikan AC jika mobil dinyalakan, saat pada kondisi mesin mobil sedang dipanaskan, AC harus dalam keadaan mati, karena apa? Mesin yang belum mencapai suhu kerja apabila AC sudah dinyalakan akan membuat beban mesin bertambah, padahal kerja mesin belum maksimal.
Ganti Lampu Kabin Mobil
Lampu kabin mobil sangat membantu saat mencari barang di
saat gelap atau malam hari. Nah, bisa dibayangkan, tiba-tiba bohlam atau lampu
tersebut mati!
Untuk mengganti bohlam yang sudah putus itu sangat gampang!
Anda bisa melakukannya sendiri. Alat yang dibutuhkan, hanya obeng dengan bentuk
ujung tergantung kontruksi pemasangan penutup rumah lampu. Bila tutupnya tidak
dilengkapi dengan sekrup, gunangkan obeng pipih.
Tetapi kalau menggunakan pengikat sekrup harus menggunakan
obeng kembang. Sebagai catatan, penutup rumah lampu kabin yang masih
menggunakan sekrup hanya digunakan pada mobil-mobil lama. Sedangkan pada mobil
sekarang, menggukan model pasangan " klik ".
Cara mengganti:
1. Buka
mika rumah lampu di plafon dengan mencongkel bagian pinggirnya pakai obeng.
2. Lepas
bohlam yang putus dari tempatnya dengan cara menariknya.
3. Pasang
lampu baru. Jangan memegang bagian tengah bohlam, tetapi ujungnya. Tempel dan
tekan ujung bohlam ke bagian penahan atau pemegang bagian pinggir bohlam.
4. Tes
lampu tersebut sebelum memasang penutupnya. Kalau sudah oke, masukan pengait
yang tidak memiliki celah. Setelah itu tekan sisi yang dicongkel hingga
mengunci sampai terdengar bunyi klik. Untuk yang masih menggunakan sekrup,
jangan mengencangkannya terlalu keras karena bisa merusak mika.
Tips dan Trik Aman dengan Airbag
Airbag didesain untuk meminimalkan risiko cedera penumpang
dan pengendara saat terjadi kecelakaan. Namun jika Anda salah memahami
penggunaan airbag, fitur yang seharusnya menjadi pengaman Anda malah berbalik.
Berikut tips-tips
aman dengan airbag :
Karena zona risiko airbag adalah 50-75 mm dari
penggembungan, maka posisikan diri Anda sekitar 250 mm dari airbag. Jarak ini
dikur dari pusat roda kemudi ke tulang rusuk Anda.
Gerakkan tempat duduk Anda ke belakang sejauh Anda masih
dapat menjangkau pedal dengan nyaman. Rebahkan sedikit sandaran tempat duduk.
Jika merebahkan sandaran tempat duduk membuat Anda sulit melihat jalan, naikkan
diri Anda menggunakan bantal yang keras dan tidak licin, atau naikkan tempat
duduk jika kendaraan memiliki fitur tersebut.
Jangan duduk di dekat airbag, Airbag menggembung dengan
kekuatan tertentu yang telah diperhitungkan, dan dapat mengakibatkan kematian
atau cedera serius terutama jika penumpang depan terlalu dekat dengan airbag.
Tempat duduk penumpang depan hendaknya sejauh mungkin dari airbag dengan
menyetel sandaran, sehingga penupang dapat duduk dengan tegak. Jangan
membiarkan anak-anak berdiri di depan unit airbag.
Jangan tempel barang di dekat airbag, menempelkan berbagai
aksesoris seperti gantungan bisa menjadi seperti proyektil peluru ketika airbag
mengembang. Jangan memasang apa pun pada aera seperti pintu, kaca depan, kaca
samping, pilar depan dan belakang, roof side rail dan assist grip.
Pernafasan, jika pernafasan menjadi sulit setelah airbag
menggembung, buka pintu dan jendela untuk memungkinkan udara segar masuk. Cuci
residu apa pun sesegara mungkin untuk mencegah iritasi kulit.
Tips Penting Memilih Velg Mobil
Velg mobil dianalogikan adalah seperti sepatu pada kaki
manusia.
Velg berfungsi sebagai alat pijak ke permukaan agar
kenyamanan tercipta ketika anda berkendara. Nah oleh sebab itu memilih velg
mobil juga diperlukan kecermatan, apabila jika anda membeli seperangkat velg
aftermarket jangan langsung tergiur akan harga miring yang ditawarkannya.
Berikut ini adalah beberapa aspek penting yang mungkin bisa menjadi acuan bagi anda dalam memilih velg mobil :
Merk yang akan dipilih/model velg, pasar untuk velg
modifikasi sangatlah besar dan modelnya pun bermaam-macam sehingga sering kali
bikin kita pusing model mana yang paling cocok untuk mobil kita.
Untuk itu, meneliti merk velg sebelum membelinya itu penting
supaya nantinya sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Upayakan untuk
berkeliling melihat - lihat berbagai macam velg terlebih dahulu sebelum anda
membuat keputusan.
Material Velg, meterian penyusun velg bisa sangat bermacam -
macam, mulai dari billet steel, forget alloy, atau magnesium. Velg yang terbuat
bahan - bahan seperti itu biasanya lebih ringan dibanding velg pada umumnya
yang dibuat dari material baja.
Dengan begitu, jika velg lebih ringan maka hal itu pun akan
memberikan pada bobot keseluruhan mobil dan juga mempengaruhi terhadap kinerja
mesin mobil sendiri ( lebih mudah memutar roda ). Tapi jangan salah, meski
ringan velg tersebut juga mempunya daya tahan yang cukup baik.
Harga, harga adalah faktor utama ketika anda memutuskan
untuk membeli seperangkat velg anyar untuk mobil. Harga velg yang terlalu mahal
juga tak menjdi jaminan. Tapi reputasi sebuah brand juga menjadi patokan untuk
memiliki velg yang baik. Tentu saja harganya tentu saja tak murah bila sudah
berkait dengan reputasi. Tapi kenyataannya memang ada velg mahal yang justru
condong ke fashion ketimbang performance.
0 komentar:
Posting Komentar